LEMBAGA MINYAK DAN GAS BUMI (LEMIGAS) SEBAGAI PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI MINYAK DAN GAS BUMI YANG TERDEPAN

Dokumen dapat didownload di link di bawah ini:

http://www.ziddu.com/download/9069100/HalamanSampuldanbabI.pdf.html

http://www.ziddu.com/download/9069099/BabIIdanBabIII.pdf.html

http://www.ziddu.com/download/9069098/DAFTARPUSTAKA_LEMIGAS.pdf.html

LEMBAGA MINYAK DAN GAS BUMI (LEMIGAS) SEBAGAI PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI MINYAK DAN GAS BUMI YANG TERDEPAN

BAB I

PENDAHULUAN

Minyak dan gas bumi merupakan dua sumber daya mineral yang sangat kita butuhkan, baik untuk saat ini maupun masa depan. Perkembangannya sangat pesat seiring dengan semakin pesatnya industri dan perekonomian suatu negara. Namun hampir semua pengetahuan, data dan tenaga ahli di bidang perminyakan dikuasai atau menjadi monopoli perusahaan-perusahaan asing, sedangkan lapangan maupun cadangan minyak dan gas bumi merupakan milik negara. Oleh karena itulah harus diimbangi dengan kemajuan kemampuan teknis ilmiah serta teknologi di dalam negeri, agar minyak dan gas bumi benar-benar dapat dimanfaatkan bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

Dengan latar belakang kondisi itulah, maka karya tulis ini akan membahas tentang salah satu lembaga penelitian yang bergerak di bidang minyak dan gas bumi, yaitu Lembaga Minyak dan Gas Bumi (Lemigas). Sebagai suatu lembaga yang mempunyai visi untuk lembaga litbang yang unggul, profesional, bertaraf internasional di bidang Migas, keberadaannya pun diharapkan mampu menjawab banyaknya kebutuhan akan jasa penelitian terhadap minyak dan gas bumi.

BAB II

ISI

A.   Sejarah dan Struktur Organisasi Lembaga Minyak Bumi dan Gas (LEMIGAS)

PPPTMGB “LEMIGAS” yang pada awalnya disebut sebagai Lembaga Minyak dan Gas Bumi, berdiri berdasarkan Surat Keputusan Menteri Nomor 17/M/Migas/65 tanggal 11 Juni 1965 dan Surat Keputusan Menteri Migas Nomor 208a/M/Migas/65 dengan memiliki tiga tugas pokok yaitu Riset, Pendidikan dan Pelatihan, serta Dokumentasi dan Publikasi di bidang perminyakan.

Sejak tahun 1977, Lembaga Minyak dan Gas Bumi berubah nama menjadi PPTMGB “LEMIGAS” berdasarkan Keputusan Menteri Pertambangan Nomor 646 Tahun 1977, tanggal 26 Desember 1977 yang kemudian berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertambangan dan Energi Nomor 1092 Tahun 1984, tanggal 5 Nopember 1984, PPTMGB “LEMIGAS” menjadi PPPTMGB “LEMIGAS”. Sistem mutu Peralatan Laboratorium saat ini LEMIGAS telah terakreditasi dengan SNI 19-17025 atau ISO 17025:1999

Untuk memenuhi perioritas tertinggi dalam pelaksanaan operasional, maka LEMIGAS telah menerapkan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) yang mengacu pada standard internasional OHSAS 18001:1999 yang diperoleh dari TUV Internasional- Indonesia.

Struktur Organisasi LEMIGAS adalah sebagai berikut:

Gambar 2.1

Struktur Organisasi DRPM UI

Sumber :    Website Lembaga Minyak dan Gas Bumi (LEMIGAS)  http://www.lemigas.esdm.go.id/ (diakses 20 januari 2010)

B. SDM yang Bekerja di Lembaga Minyak dan Gas Bumi

Manajemen yang bekerja di lembaga ini adalah :

  1. 1.            Ir. Rida Mulyana, M.Sc sebagai Kepala Pusat PPPTMGB ”LEMIGAS’ menggantikan Dr. Ir. Hadi Purnomo, M.Sc.
  2. 2.            Agus Salim, SH, MH sebagai Kepala Bidang Afiliasi.
  3. 3. Ir. Bambang Wicaksono Teguh Mulyo, M.Sc sebagai Koordinator Kelompok Program Riset Teknologi Informasi
  4. 4.            Yanni Kussuryani, Dra,M.Si sebagai Kepala Bidang Sarana Litbang.
  5. 5.            Drs. Mardono, MM sebagai Koordinator Kelompok Program Riset Teknologi Aplikasi Produk
  6. 6.            Abdul Haris, M.Si sebagai Koordinator Kelompok Program Riset Teknologi Proses
  7. 7.            DR. Ir. Ego Syahrial, M.Sc sebagai Koordinator Kelompok Program Riset Teknologi Eksploitasi
  8. 8.            Ir.Yusep Kartiwa Caryana, M.Sc. sebagai Koordinator Kelompok Program Riset Teknologi
  9. 9.            Ir. Tunggal , M.Sc sebagai Kepala Bagian Tata Usaha

C. Produk dan Layanan Lembaga Minyak dan Gas Bumi

Sejak didirikan, Lemigas telah menghasilkan banyak produk dan jasa dari penelitian-penelitian yang dilakukannya. Berikut ini adalah beberapa produk yang sukses dikembangkan oleh Lemigas :

  1. Coalbed Methane (CBM)

CBM adalah gas alam dengan dominan gas metana dan disertai oleh sedikit hidrokarbon lainnya dan gas non-hidrokarbon dalam batubara hasil dari beberapa proses kimia dan fisika. CBM sama seperti gas alam konvensional yang kita kenal saat ini, namun perbedaannya adalah CBM berasosiasi dengan batubara sebagai source rock dan reservoirnya.

  1. Compressed Natural Gas (CNG).

Untuk itu salah satu percobaan yang dilakukan adalah dengan menggantikan minyak tanah dengan Bahan Bakar Gas (BBG) atau Compressed Natural Gas (CNG). LEMIGAS sebagai pusat litbang teknologi minyak dan gas bumi di bawah Balitbang ESDM mencoba merancang tabung distribusi BBG untuk menyalurkan dan memenuhi kebutuhan energi yaitu gas sesuai dengan keperluan memasak sebuah rumah tangga.

  1. Pilot Plan Biodiesel Lemigas

Pilot plant biodiesel Lemigas adalah suatu unit produksi biodiesel yang berfungsi untuk mereaksikan umpan minyak nabati seperti minyak kelapa sawit (CPO), minyak jarak pagar, minyak kelapa, minyak jelantah serta minyak nabati lainya ataupun lemak hewani yang mengandung struktur trigliserida dengan suatu alkohol yang menggunakan bantuan katalis basa menjadi Biodiesel kualitas standar.

  1. EKGDS

Tujuan studi ini adalah untuk mempersiapkan kemampuan pasokan gas dari lapangan-lapanganyang ada di UNOCAL untuk memenuhi permintaan gas yang telah dinyatakan sebagai pembelian gas diLNG Bontang (Paket 7). Metodologi penyelesaian studi ini adalah menggunakan Decline Curve Analysis dan metoda Volumetrik.

  1. Lembaran Publikasi Lemigas (LPL)

LPL adalah media untuk mempromosikan aktivitas penelitian dan pengembangan teknologi minyak dan gas bumi yang telah dilakukan oleh LEMIGAS. LPL diterbitkan pertama kali tahun 1966, dengan tiga kali penerbitan tiap tahun.

  1. Lemigas Scientific Contribution (LSC)

LSC adalah media tercetak untuk mempromosikan aktivitas penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan oleh LEMIGAS. LSC diterbitkan pertama kali tahun 1976 dengan tiga kali penerbitan tiap tahun..

D. Mitra Kerja dan Pelanggan

1. Mitra Kerja

Selama tahun 2005 sampai dengan tahun 2007 telah banyak MOU dan perjanjian yang telah dilakukan oleh LEMIGAS. Beberapa di antaranya adalah:

  1. LEMIGAS – PT. Vega Travindo Internasional

Kerja sama dalam rangka pengelolaan dan pengolahan limbah-limbah perminyakan di Unit Kilang Minyak (Refinery) Pertamina.

  1. LEMIGAS – PT. Itochu Indonesia

Tentang Kerja Sama dalam Pengembangan dan Pemasyarakatan LPG sebagai Bahan Bakar Alternatif Bagi Kendaraan Bermotor

  1. LEMIGAS – PT. Harapan Lintang Anugerah

Kerja Sama dalam Pengembangan serta Penerapan Teknologi yang Diperlukan oleh Industri Minyak, Gas dan Panas Bumi.

2. Pelanggan

Lemigas juga melakukan Jasa penelitian pada PT.Cosmic Indonesia, PT.Cwamas Citra Perkasa, PT.Daimler Chrysler Indonesia, PT. Darupadajaya, PT Dharma Nilaitama, PT. Dinamika Transglobal, PT Freeport Indonesia, PT. Garuda Indonesia dan sebagainya.

E. Metode Penelitian

Metode penelitian yang dilakukan oleh LEMIGAS meliputi penelitian kualitatif dan kuantitatif yang dapat berbentuk analisis, evaluasi, desain,  eksperimental, rekayasa dan lain-lain tetapi metode yang paling banyak adalah metode analisis dengan dilengkapi lebih dai 60 laboratorium yang terbagi menjadi tujuh kelompok besar yaitu eksplorasi, eksploitasi, proses, aplikasi produk, teknologi gas dan kalibrasi. Tujuh program utama untuk penelitian sebagai berikut:

  1. Penelitian peningkatan cadangan: untuk meningkatkan penemuan cadangan migas.
  2. Penilitian peningkatan pengurusan: untuk meningkatkan produksi dan pengurusan lapangan migas.
  3. Penelitian nilai tambah migas: untuk meningkatkan nilai setiap barel minyak dan setiap meter kubik gas yang dihasilkan.
  4. Penelitian konservasi:untuk mengupayakan konservasi sumber daya migas yang tidak dapat diperbaharui.
  5. Penelitian energi pengganti: untuk mendapatkan energi pengganti yang dapat mengurangi beban migas,
  6. Penelitian lingkungan: untuk menunjang pengelolaan dampak industri migas, baik dampak fisik maupun dampak sosial,
  7. Penelitian teknologi material: untuk menggalakkan pembangunan material, bahan dan alat produksi dalam negeri di industri migas,

BAB III

PENUTUP

Lemigas sebagai sebuah lembga penelitian yang dibentuk oleh Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral memilik peranan yang sangat penting dalam melakukan penelitian dan penyediaan jaasa penelitian di bidang minyak dan gas bumi. Hal tersebut terbukti dnegan telah ditemukannya berbagai produk dan inovasi dalam bidang perminyakan dan gas yang secara nyata ikut berdampak pada penggunaan energy minyak dan gas bumi secara lebih efektif dan efisien. Selain itu terbukti pula dengan adanya kerjasama dan pemberian jasa penelitian dengan berbagai pihak yang berkaitan dengan perminyakan dan gas bumi tersebut, sehingga akan mampu mengoptimalisasi industri mereka.

Dengan berdirinya Lemigas, kini penelitian- penelitian dan pengetahuan tentang perminyakan dan gas bumi tidak hanya dimiliki oleh bangsa asing. Meskipun kita ketahui bahwa belakangan bangsa asing telah mulai memasuki sektor ini jauh lebih dalam, tetapi kita masih punya harapan untuk. Selanjutnya, Lemigas diharapkan mampu bersaing dengan lebih kuat dengan lebih banyak melakukan riset dan pengembangan dalam bidang perminyakan dan gas bumi serta menghasilkan produk-produk dan inovasi yang dapat membanggakan masyarakat, bangsa dan negara.

DAFTAR PUSTAKA

Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral . Situs Online. http://www.esdm.go.id/  (diakses 20 Januari 2010).

Lembaga Minyak dan Gas Bumi. Situs Online. http://www.lemigas.esdm.go.id (diakses 20 Januari 2010).

Lemigas Core Laboratories. http://www.lemigas-core.com (diakses 20 Januari 2010).

Satu Tanggapan

  1. saya perlu bagan alir produksi minyak dari tahap eksplorasi sampai pemasaran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: